Saturday, April 21, 2018

Manfaat Membaca Al Qur'an untuk Janin

Al-Qur'an merupakan kalam Allah yang menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia. Kandungan di dalamnya menjadi pedoman hidup dan berisi tentang ilmu pengetahuan tentang seluruh alam semesta. Para ilmuan kemudian mencari kebenaran pengetahuan modern yang sebenarnya sudah dibahas dalam Al-Qur'an.
Selain kandungannya yang selalu menjawab segala permasalahan, ada fakta lain tentang ayat-ayat Al-Qur'an. Meski tidak mengetahui maknanya, bacaan ayat Al-Qur'an dapat mempengaruhi syaraf otak manusia.  Ini juga akan berlaku bagi mereka yang tidak beragama Islam sekalipun.
Dr. Al Qadhi yang merupakan seorang dokter ahli jiwa yang bekerja di salah satu Klinik Besar Florida Amerika Serikat. Pada penelitian yang dipublikasikan pada 1984 tersebut ditemukan bahwa seseorang yang mendengarkan Al-Qur'an dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar. Seperti penurunan depresi, kesedihan dan memperoleh ketenangan jiwa.
Pada penelitian tersebut Ia menggunakan peralatan elektronik modern untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik. Sebanyak lima orang sukarelawan menjadi objek dalam penelitiannya tersebut. Kelimanya terdiri dari tiga pria dan dua wanita yang semuanya tidak mengerti bahasa Arab.
Dr. Al Qadhi melakukan penelitian sebanyak 210 kali dan membaginya dalam dua sesi. Sesi pertama adalah mendengarkan Al-Qur'an dengan tartil dan sesi kedua membacakan bahasa arab bukan dari Al-Qur’an. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan Al-Qur'an, sementara pada bacaan bahasa Arab biasa mendapatkan ketenangan hanya hanya 35%.
Hal ini diperkuat dengan penelitian Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia pada tahun 1997. Penelitiannya menunjukan bahwa bacaan Al-Qur'an yang diperdengarkan kepada bayi yang rewel akan mengubah reaksi bayi menjadi tersenyum dan lebih tenang.
Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yang besar, kita memiliki Al-Qur'an. Selain menjadi ibadah dalam membacanya, bacaannya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita. Jika mendengarkan musik klasik dapat memengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) seseorang, bacaan Al-Qur’an lebih dari itu. Selain memengaruhi IQ dan EQ, bacaan Al-Qur'an memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).
Mahabenar Allah yang telah berfirman, “Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, simaklah dengan baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (Q.S. 7: 204).
Membacakan ayat-ayat suci Al-Quran sangat penting dilakukan pada jabang bayi yang masih ada dalam kandungan. Allah mengkaruniakan pendengaran sejak usia kandungan masuk pada minggu ke-8 dan mulai sempurna pada minggu ke-24. Alangkah indahnya jika saat mereka mulai mendengar untuk kali pertama, mereka mendengar ayat-ayat suci Al-quran.
Fungsi Pendengaran Bayi
Janin mulai mendengar suara yang ada disekelilingnya. Air ketuban disekitar bayi menghantarkan suara sehinga bayi mulai mendengar suara aliran darah lewat plasenta, Janin juga mendengar denyut jantung dan suara usus ibu. Pada minggu ke-25 mereka mulai mampu mendengar suara luar dari suara rahim. Suara ibu, ayah, musik atau ayat suci Al-Quran mulai diterima dengan baik. Pada saat inilah saat yang tepat untuk mulai ngobrol dengan jabang bayi.
Manfaat Ayat Suci Al-Quran untuk Janin
1. Ayat Al-Quran dapat Menstimulasi janin sejak dini
Stimulasi sejak dini sangat penting dilakukan karena mempengaruhi kecerdasaan anak dimasa mendatang. Usia 1000 hari sejak dalam kandungan merupakan usia dimana jaringan sel-sel otak bayi berkembang sangat pesat. Maka, stimulasi sangat penting untuk mendukung perkembangan pesat ini agar otak bayi dapat berkembang dengan maksimal. Baca juga: Cara Memperdengarkan Musik Murottal untuk Bayi dalam Kandungan
2. Mencerdaskan janin
Banyak pihak percaya bahwa lantunan ayat suci dapat membuat bayi tumbuh lebih cerdas. Sel-sel otak bayi yang berkembang pesat membuat kerja otak lebih optimal, alhasil bayi bisa tumbuh menjadi anak cerdas.
3. Memberi ketenangan
Stimulasi melalui ayat suci Al-Quran merupkan stimulasi yang sempruna. Frekuensi dan gelombang bunyi yang ditimbulkan bacaan Al-Quran punya pengaruh besar untuk bayi. Mereka akan merasakan ketenangan karena lantunan ayat suci yang indah dan menenangkan. Dengan demikian, kreativitas dan kemampuan konsentrasi bayi juga lebih terlatih.
4. Mempengaruhi psikologi
Al-Quran dapat membuat suasana lebih damai, meredakan ketegangan pada saraf otak, menghilangkan kegelisahan, menghalau rasa takut dan menguatkan kepribadian.
5. Meningkatkan kemampuan berbahasa
Bayi yang diperkenalkan dengan bahasa sejak dini akan terlatih dan terbiasa mengenal bahasa, sehingga saat ia mulai belajar berbahasa ia tidak akan kesulitan.
Begitu besar manfaat lantunan Al-Quran untuk janin. Tapi, tak hanya manfaat diatas saja yang bisa dipetik. Masih banyak manfaat lain yang mungkin tidak kita sadari. Nah, lantas bacaan apa saja yang baik untuk janin kita? Berikut ayat-ayat Al-Quran yang bisa menjadi bahan bacaan saat anda sedang mengandung:
  • Surat Al-Fatihah, Surat Al-Fatihah dapat berguna untuk memberikan ketenangan hati dan menguatkan daya ingat.
  • Surat Yusuf, Banyak orang percaya dengan membaca surat Yusuf saat hamil, bayi bisa setampan Nabi Yusuf, as. namun, yang lebih penting anak kita bisa berakhlak mulia seperti Nabi Yusuf. Anda bisa membaca seluruh surat Yusuf selama masa hamil.
  • Surat Maryam, Surat Maryam dipercaya dapat memperlancar persalinan yang akan dihadapi nanti. Selain itu, surat ini juga dapat melahirkan anak yang sabar dan selalu taat.
  • Surat Yaasin, Surat Yaasin merupakan surat yang sering dilafalkan umat Islam. Surat ini dapat memberikan ketenangan dan menghindarkan diri dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan membaca srat ini, anda dapat melindungi anak anda agar tidak tergoda berbuat maksiat.
  • Surat Luqman, Surat Lukman merupakan doa agar dikaruniai anak yang memiliki akhlak mulia dan jiwa yang bersih.
  • Surat At-Taubah, Surat ini dapat memelihara jiwa kita untuk tetap dijalan yang lurus dan menghindarkan diri dari perbuatan maksiat.
  • Surat Hujurat, Surat ini dapat memperlancar produksi ASI ibu lho. Selain itu, anak kita dapat tumbuh menjadi anak yang lebih berhati-hati.
  • Surat An-Nahl ayat 78, Ayat suci Al-Quran dalam surat An-Nahl ayat 78 berisi tentang kelahiran manusia dan tugasnya di bumi sebagai khalifah. Surat ini diturunkan agar manusia selalu bersyukur dengan keadaaan yang telah Allah rahmatkan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas perhatiaanya